FIK DALAM UNNES

Share:
(Foto: Unnes)
Semarang – Fakultas Ilmu Keolahragaan atau yang biasa terkenal dengan FIK Unnes adalah salah satu fakultas dalam Universitas Negeri Semarang, Seperti halnya dengan namanya yaitu Fakultas Ilmu Keolahhragaan, FIK Unnes terfokus menciptakan lulusan yang professional dalam bidang olahraga dan kesehatan. Fakultas ke enam dari Universitas Negeri Semarang ini memiliki visi yaitu Fakulltas Ilmu Keolahragaan yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional di bidang keolahragaan dan kesehatan masyarakat. Ini seperti mengandung makna atau filosofi bahwa nantinya lulusan dari Fakultas Ilmu Keolahragaan ini mampu dan memiliki sifat konservasi dan dapat bersaing dalam dunia internasional yang ilmu ini semakin berkembang sejalan dengan perkembangan dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). 
Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes ini juga memiliki Jargon yang sudah tidak asing lagi dalam lingkup Universitas Negeri Semarang yaitu ketika diteriakan “FIK UNNES’ maka mahasiswa ataupun dosen harus menjawabnya dengan jawaban “EKSPRESHIP” yang memiliki kepanjangan yaitu Excellent , Respect, and Friendship. Excellent mempunyai makna yaitu Unggul, harapannya mahasiswa dari FIK Unnes mempunyai karakter yang unggul dan propesional dalam berbagai aspek kehidupan, Respect mempunyai makna yaitu mahasiswa FIK Unnes harus memiliki sifat menghagrai terhadap sesama, sportif dalam kegiatan apapun, kemudian yang terakhir adalah Friendship yang mempunyai arti atau makna yaitu mahasiswa FIK Unnes harus memiliki sifat ramah, menghargai terhadap sesame umat manusia, saling menjaga sopan santun terhadap orang lain.
Fakultas Ilmu Keolahragaan ini dibawah pimpinan yaitu Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd yang sudah kurang lebih menjabat sebagai Dekan di Fakultas Ilmu Keolahragaan selama 2tahun, dibantu oleh tiga wakil dekan lainnya yaitu Dr. Setya Rahayu, M.Si yang menjabat sebagai wakil dekan bidang akademik, kemudian dengan Prof. dr. Oktia Woro KH. M.Kes. yang menjabat sebagai wakil dekan bidang umum dan keuangan dan yang terakhir adalah Dr. Taufiq Hidayah, M.Kes. yang  menjabat sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan. Dan serta masih banyak pimpinan – pimpinan yang lainnya yang selalu berkonstribusi dan berjuang bersama dalam kemajuan pada bidang olahraga dan kesehatan didalam Unnes dan khususnya pada Universitas Negeri Semarang. Fakultas Ilmu Keolahragaan memiliki lima jurusan didalamnya, baik kependidikan maupun yang non kependidikan atau ilmu murni, jurusan pendidikan terdiri dari Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan Jasmani Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGPJSD) sedangkan yang non pendidikan adalah Ilmu Keolahragaan (IKOR) dan yang terakhir adalah Ilmu Kesehatan masyarakat (IKM), kelima jurusan tersebut merupakan jurusan jenjang Sarjana (S1) yang pendidikannya adalah selama 4tahun.
Fasilitas dan sarana prasarana di Fakultas Ilmu Keolahragaan ini tidak kalah hebat dengan Universitas lainnya, bahkan justru ada yang dimiliki fakultas ini akan tetapi tidak dimiliki oleh fakultas lain, fasilitas ini berguna sebagai alat ataupun media pembelajaran yang tentu saja didampingi oleh berbagai dosen yang memang tidak main – main  ahli dan professional dibidang mereka masing- masing. Adapun sarana dan prasarana dalam Fakultas Ilmu Keolahragaan adalah sebagai berikut Gedung Laboratorium Prof. Soegijono yang didalamnya terdapat berbagai macam lapangan yang telah dimodifikasi ruanganannya seperti lapangan bulu tangkis, sepak takraw, lapangan bola voly indoor, lapangan basket, lapangan dan peralatan senam, lapangan beladiri, ruang massase dan laboratorium masing – masing jurusan. Gedung F1 – F5 yang digunakan untuk dekanat, ruang dosen ataupun gedung perkuliahan yang masing masing gedungnya sudah terpasang LCD Proyektor dan Hospot Area,  Lintasan sintesis atletik yang tidak semua universitas memilikinya kemudian dengan lapangan sepak bola juga didalamnya, kemudian fasilitas lainnya adalah lapangan Mini Golf dan Driving Range yang juga digunakan untuk lapangan woodball, kemudian lapangan softball / baseball dan lapangan field hoki yang berada di belakang gedung Prof. Soegijono, lapangan tennis indoor dan outdoor, lapangan voli pantai, lapangan basket, futsal dan bolavoli, ruang fitnes, laboratorium tes dan pengukuran, kolam renang yang tidak seperti kolam pada umumnya yang menggunakan ubin sebagai dasarnya, kolam renang tirta sekar ini menggunakan karpet sintesis yang khusus untuk kolam renang, dan fasilitas yang terakhir adalah perpustakaan yang dilengkapi dengan sistem agar para mahasiswa lebih mudah untuk mencari buku. Tentunya fasilitas yang sudah lengkap ini juga dilengkapi dengan alat – alat pembelajaran yang sudah komplit seperti yang telah diterapkan, harapannya dengan fasilita yang memadai , alat – alat yang lengkap dan juga dosen dosen yang memang professional dibidangnya ini mampu memberikan konstribusi yang sangat baik dan dapat mencetak lulusan dalam Fakultas Ilmu Keolahragaan ini dengan lulusan yang professional dan mampu bersaing dengan lulusan dari fakultas dan jurusan yang sama diuniversitas negeri lainnya , apalagi sekarang universitas swasta juga berloba – lomba untuk membuat fakultas dan jurusan yang sama yang tentunya akan menambah daya saing lulusan dari fakultas ilmu keolahragaan di Universitas Negeri Semarang ini. (ADK-041)




Tidak ada komentar