Menyoroti Fasilitas Di Gedung Prof. Soegijono

Share:
(Foto: BEM FIK Unnes Konservasi)
IKIP Semarang atau yang sekarang dikenal dengan Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Jawa Tengah. Universitas Negeri Semarang (Unnes) memiliki 8 fakultas, yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Keolahrahgaan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik.
            Dalam Fakultas Ilmu Keolahragaan, Unnes memiliki beberapa gedung dan lapangan olahraga. Antara lain gedung Laboratorium Prof. Soegijono, Lapangan Sepakbola dan Atletik, Mini Golf dan Driving Range, Lapangan Softball/Baseball dan Hoki, Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor, Lapangan Basket dan Volly Outdoor serta Kolam Renang Tirta Sekar.
            Gedung Laboratorium Prof. Soegijono merupakan salah satu gedung multifungsi yang berada di Kampus FIK Unnes. Gedung ini terdiri dari tiga lantai dengan masing-masing lantai memiliki ruang khusus. Gedung ini dapat digunakan untuk berbagai macam cabang olahraga, seperti futsal, sepaktakraw, bola voli, bola basket, senam, bela diri, dan aktivitas lain. Dalam gedung ini juga terdapat tribun penonton yang bisa menampung ratusan penonton, selain itu juga terdapat beberapa ruang untuk pembelajaran dan ruang kebugaran.
            Namun sangat disayangkan, dengan intensitas penggunaan gedung yang sangat tinggi membuat beberapa fasilitas di dalam gedung ini menjadi kurang terawat dengan baik. Seperti contoh di ruang fitness atau ruang kebugaran, disana masih terdapat beberapa alat yang sudah tidak terawat bahkan ada salah satu alat yang rusak. Kondisi ruangan disana pun tidak bersih dan wangi, sangat panas tanpa ada ruang ventilasi yang cukup. Padahal sudah ada kipas angin di beberapa titik, namun hawa panas di dalam ruangan belum bisa diatasi dengan baik. Selain itu kondisi karpet/alas yang sudah tipis membuat pengunjung kurang nyaman ketika berada di ruang fitness ini. Seharusnya pihak pengelola bisa lebih memperhatikan kondisi tempat serta alat-alat yang ada agar mahasiswa dan pengunjung bisa menggunakan alat fitness dengan nyaman.
            Selain ruang fitness, permukaan lapangan didalam Laboratorium Prof. Soegijono ini sebenarnya juga sudah tidak layak pakai. Mengapa demikian? Ya karena permukaan lapangan ini sudah sangat licin jika digunakan untuk beberapa cabang olahraga yang membutuhkan kelincahan tinggi. Permukaan lapangan yang terbuat dari kayu seharusnya tidak boleh diinjak dengan sepatu sembarangan, karena akan membuat permukaan lapangan menjadi tergores dan lama kelamaan akan mengelupas. Hal itu yang membuat permukaan lapangan tersebut menjadi licin. Beberapa faktor yang membuat permukaan lapangan di Gedung Prof. Soegijono ini sudah  tidak layak pakai antara lain karena usia gedung ini sudah cukup tua dan perlu proses renovasi di bagian permukaan lapangan, selain itu di bagian samping juga terdapat beberapa alat senam yang digunakan untuk pembelajaran dan latihan senam. Tentu hal ini akan berpengaruh pada permukaan lapangan dan mengakibatkan permukaan mudah rusak karena alat-alat senam yang dipasang.
            Ruang senam aerobik di Laboratorium Prof. Soegijono juga masih memiliki banyak kendala. Selain ruangan yang terbilang sempit, akses keluar masuknya udara di ruangan ini juga terbilang sangat buruk. Hal ini mengakibatkan bau yang tidak sedap dan hawa panas ketika berada didalam ruangan ini. Meski sudah terpasang kipas angin di beberapa bagian, namun itu tidak cukup untuk mengatasi masalah ini. Selain itu permukaan di ruangan ini juga kurang baik, karpet yang terpasang sudah terlihat tipis sehingga membuat para pengunjung yang akan melakukan aktivitas senam aerobik menjadi kurang nyaman dengan permukaan yang keras. Seharusnya ruang aerobik ini memiliki jendela atau ventilasi yang cukup agar suhu di dalam ruangan tidak telalu panas, selain itu pemberian wangi-wangian disudut ruangan juga akan membuat ruang tidak apek.
            Meski terdapat beberapa fasilitas yang tidak terawat dan kurang memadai, di dalam Laboratorium Prof. Soegijono terdapat ruang pengukuran yang terbilang rapi dan bersih. Ruang yang berada di lantai 2 ini didalamnya terdapat beberapa alat treadmill, bicycle/sepeda statis, dan alat pengukuran lainnya. Penataan alat diruangan ini sudah terlihat rapi, selain itu sirkulasi udaranya juga sangat bagus karena akses udara diruangan ini sudah cukup. Serta karpet untuk permukaan ruangan masih tebal sehingga membuat mahasiswa yang berada di ruangan tersebut merasa nyaman. Alat-alat disini cukup terawat dengan baik, karena memang cukup jarang digunakan oleh mahasiswa lain.
            Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pihak kampus, yaitu lebih memperhatikan beberapa fasilitas serta ruang penunjang dalam perkuliahan di Kampus FIK Unnes terutama di Gedung Laboratorium Prof. Soegijono. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat serta partisipasi aktif mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan jika dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Selain itu mahasiswa juga bisa mengisi waktu luang di sore hari dengan melakukan aktivitas olahraga di Kampus FIK. (atw/62)

Tidak ada komentar